Pasal 59 EPAJI menentukan keberlakuan dari kewajiban perlakuan nasional (national treatment). Kewajiban Perlakuan Nasional merupakan suatu pilar dasar dalam hokum perdagangan internasional, yang menentukan bahwa suatu anggota harus memperlakukan produk dari Negara anggota yang lain dengan perlakuan yang tidak kurang menguntungkan dibandingkan dengan perlakuan yang diberikannya terhadap produk domestic sejenis.

Dalam kerangka EPAJI mengenai investasi, EPAJI juga menganut prinsip ini dan menuangkannya sebagai satu kewajiban.

Dalam ayat (1) Pasal 59 EPAJI ditentukan bahwa masing-masing pihak harus memberikan kepada investor dari pihak lain dan pada investasinya perlakuan yang tidak kurang menguntungkan daripada yang diberikannya pada investornya sendiri atau investasinya dalam keadaan-keadaan sejenis berkenaan dengan aktivitas-aktivitas investasi. Tidak ada ditentukan mengenai apa yang dimaksud dengan keadaan-keadaan sejenis itu.

Ayat (2) Pasal 59 EPAJI menentukan bahwa dengan tidak mengurangi ketentuan dalam ayat (1) Pasal 59, masing-masing pihak dapat menentukan formalitas-formalitas khusus dalam hubungan dengan aktivitas-aktivitas investasi dari investor pihak lain dalam wilayahnya, dengan ketentuan bahwa formalitas-formalitas sedemikian tidak dapat mengurangi secara material perlindungan yang diberikan oleh pihak sebelumnya pada investor dari pihak lain dan investasinya sesuai dengan ketentuan dalam Bab 5.